Selasa, 15 Juli 2014

Pembangunan Mushollah Nurul Falaq, di Kel. Limpomajang

Penduduk Kampung Salomate yang seluruhnya beragama Islam tentunya memiliki kewajiban untuk menunaikan shalat tepat pada waktunya ketikan mereka telah mendengarkan panggilan azan dikumandangkan.
Penduduk kampung harus menempuh jarak ± 1 km menuju kampung sebelah demi melaksanakan shalat pada sebuah Masjid baik untuk shalat tarawih, shalat jum’at terlebih lagi shalat 5 waktu setiap harinya. Kendala yang penduduk hadapi dalam beribadah adalah jarak yang cukup jauh antara Masjid kampung sebelah dengan Kampung Salomate membuat suara kumandan azan tidak terdengar terlebih lagi untuk penduduk yang rumah dan mata pencahariannya berada di danau Tempe, sehingga ibadah  shalat yang sangat penting ini menjadi tidak dapat terlaksana sebagaimana seharusnya.
Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah jalan yang dilewati berupa hutan dengan resiko yang cukup besar atas keselamatan bagi para wanita (ibu/ remaja putri) dan anak-anak kecil yang ingin melaksanakan shalat, bermajelis taklim ataupun menuntut ilmu membaca Al-qur’an. Perasaan tidak aman, nyaman dan leluasa menjalankan seluruh aktivitas ibadahnya tersebut membuat para wanita dan anak-anak memilih untuk tetap berada di rumah saja, terlebih lagi pada saat bulan Ramadhan yang harus melaksanakan shalat tarwih pada malam hari dan melewati jalan kampung tanpa penerangan sedikit pun.
Berdasarkan beberapa faktor di atas semua kekhawatiran dan kendala dalam menjalankan ibadah dengan baik dan khusyu’  mendorong sebuah gagasan untuk merealisasikan sebuah pembicaraan yang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu yaitu membangun sebuah sarana ibadah berupa sebuah Mushallah dan memberikan penerangan sebagai pelengkap pada sarana ibadah ini. Melalui sebuah musyawarah antara pemerintah dan penduduk kampung
Salomate maka dibentuk sebuah kepanitiaan pembangunan Mushallah pada kampung ini. Perencanaan Mushallah ini selain dipergunakan untuk melaksanakan shalat 5 waktu kedepannya dapat dipergunakan sebagai sarana belajar baca-tulis Al-qur’an untuk anak-anak dan bermajelis taklim untuk remaja putri/para ibu yang Insya Allah kesemuanya akan mempererat tali silaturahmi antar sesama penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Taman PKK Soppeng